BIDANG PELAYANAN

BIDANG PELAYANAN PENDAFTARAN PENDUDUK

  1. Tugas :

Bidang pelayanan pendaftaran penduduk mempunyai tugas membantu dan melaksanakan sebagai tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam menyelesaikan pendaftaran penduduk, pelayanan kartu keluarga (KK) dan kartu penduduk (KTP) serta mutasi penduduk dan pengendalian penduduk.

  1. Fungsi :

Dalam melaksanakan tugas bidang pelayanan pendaftaran penduduk menyelenggarakan fungsi :

  1. Merumuskan rencana dan program kerja Bidang pelayanan Pendaftaran Kependudukan;
  2. Penyelenggaraan persyaratan dan program kerja bidang pelayanan pendaftaran penduduk;
  3. Perumusan kebijakan teknis pendaftaran penduduk;
  4. Pelaksanaan dan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk;
  5. Penyelenggaraan pelayanan penerbitan dokumen kependudukan;
  6. Pelaksanaan pelayanan pendaftaran penduduk;
  7. Pelaksanaan pendokumentasian hasil pelayanan pendaftaran penduduk;
  8. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pendaftaran penduduk;
  9. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;
  10. Melaksanakan tuga-tugas lain yang diperintahkan.

BIDANG PELAYANAN PENCATATAN SIPIL

  1. TUGAS :

Bidang pelayanan pencatatan sipil mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam penyelenggaraan pelayanan pencatatan sipil yang mengenai urusan, pencatatan kelahiran, pencatatan perkawinan, perceraian, dan perubahan status anak, kewarganegaraan dan kematian.

  1. FUNGSI :

Dalam melaksanakan tugas bidang pelayanan pencatatan sipil menyelenggarakan fungsi :

  1. Merumuskan rencana dan program kerja bidang pelayanan dan pencatatan sipil ;
  2. Penyelenggaraan urusan sipil dan penerbitan serta pelayanan akta ;
  3. Melakukan pembinaan dalam rangka pengembangan kegiatan bidang pelayanan pencatatan sipil ;
  4. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  5. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan ;

BIDANG PEMANFAATAN DATA DAN INOVASI PELAYANAN

  1. Tugas :

Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan mempunyai tugas membantu dan melaksanakan sebagai tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan yang mencakup urusan kerja sama, pemanfaatan data dan dokumen kependudukan, dan inovasi pelayanan

  1. Fungsi :

Dalam melaksanakan  tugas bidang pemanfaatan data dan inovasi pelayanan menyelenggarakan fungsi

  • Penyusunan perencanaan pemanfaatan data dan dokumen kependududukan, kerja sama serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  • Perumusan kebijakan teknis pemanfaatan data dan dokumen kependududukan, kerja sama serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  • Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependududukan, kerja sama serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  • Pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependududukan;
  • Pelaksanan kerja sama administrasi kependudukan;
  • Pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  • Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependududukan, kerja sama serta inovasi pelayanan administrasi kependudukan.

BIDANG PENGELOLAAN INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

  1. Tugas :

Bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan mempunyai tugas membantu dan melaksanakan sebagai tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil dalam pengelolaan sistem informasi administrasi kependudukan, pengelolaan penyajian data kependudukan, dan tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi.

  1. Fungsi :

Dalam melaksanakan tugas bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan menyelenggarakan fungsi :

  1. Penyusunan perencanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang meliputi sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan serta tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi;
  2. Perumusan kebijakan teknis pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang meliputi sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan serta tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi;
  3. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang meliputi sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan serta tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang meliputi sistem informasi administrasi kependudukan, pengolahan dan penyajian data kependudukan serta tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi;
  5. Pengendalian dan evaluasi pelaksanaan pengelolaan informasi administrasi kependudukan.
  6. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas;

Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan ;