BAGIAN SEKSI

SEKSI IDENTITAS PENDUDUK

  1. Tugas :

Seksi identitas penduduk mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas bidang pelayanan pendaftaran  penduduk.

 

  1. Uraian tugas seksi identitas penduduk :

 

  1. Menyusun rencana tugas dan program kerja tahunan di seksi identitas penduduk;
  2. Perumusan Kebijakan teknis Identitas penduduk;
  3. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan identitas penduduk;
  4. Pelaksanaan pelayanan identitas penduduk;
  5. Pelaksanaan penerbitan dokumen identitas penduduk;
  6. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  7. Melaksanakan tugas-tugas lain yang di perintahkan atasan;

 

SEKSI PENDATAAN

  1. Tugas :

Seksi pendataan mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas Bidang pelayanan pendaftaran penduduk;

  1. Uraian tugas seksi pendataan :

 

  1. Menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi pendataan penduduk ;
  2. Perumusan Kebijakan teknis Pendataan penduduk;
  3. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pendataan penduduk;
  4. Pelaksanaan pendataan penduduk;
  5. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan ;

 

SEKSI PINDAH DATANG PENDUDUK

  1. Tugas :

Seksi pindah datang penduduk mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang pelayanan pendaftaran penduduk

  1. Uraian tugas seksi pindah datang penduduk :

 

  1. Menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi pindah datang penduduk
  2. Perumusan Kebijakan teknis Pindah datang penduduk
  3. Pelaksanaan pembinaan dan koordinasi pelaksanaan pindah datang penduduk
  4. Pelaksanaan pindah datang penduduk penduduk
  5. Membuat surat keterangan pindah penduduk WNI antar kabupaten dalam satu provinsi dan antar provinsi dalam wilayah NKRI ;
  6. Membuat surat keterangan pindah datang penduduk WNI antar kabupaten dalam satu provinsi dan antar provinsi dalam wilayah NKRI ;
  7. Membuat surat keterangan pindah datang penduduk asing dalam wilayah NKRI ;
  8. Membuat surat keterangan pindah ke luar negeri ;
  9. Membuat surat keterangan datang dari luar negeri ;
  10. Membuat surat keterangan tempat tinggal untuk orang asing tinggal terbatas ;
  11. Mengembangkan dan menyiapkan bahan-bahan mutasi penyuluhan tentang kependudukan dan pencatatan sipil ;
  12. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  13. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan ;

SEKSI PENCATATAN KELAHIRAN

  1. Tugas :

Seksi pencatatan kelahiran mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang pelayanan pencatatan sipil yang mencakup urusan pencatatan kelahiran .

 

  1. Uraian tugas seksi pencatatan kelahiran :

 

  1. Menyusun rencana program kerja tahunan seksi pencatatan kelahiran ;
  2. Melaksanakan pencatatan dan penerbitan surat pelayanan pembuat akta kelahiran ;
  3. Meneliti dan memeriksa kebenaran serta kelengkapan persyaratan yang dibutuhkan untuk pembuatan Akta Kelahiran ;
  4. Membuat surat keterangan kelahiran ;
  5. Membuat data dan melaporkan penerbitan akta kelahiran ;
  6. Menyimpan dan memelihara buku register dan arsip yang berkaitan dengan akta kelahiran ;
  7. Membuat surat keterangan untuk orang asing ;
  8. Membuat surat keterangan lahir untuk orang asing ;
  9. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  10. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan ;

 

 

SEKSI PENCATATAN PERKAWINAN, PERCERAIAN

  1. Tugas :

Seksi pencatatan perkawinan, perceraian mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas  bidang pelayanan pencatatan sipil  dalam urusan pencatatan perkawinanan, perceraian mengenai penerbitan akta perkawinan/ perceraian.

  1. Uraian tugas seksi pencatatan perkawinan, perceraian :

 

  1. Menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi perkawinan, perceraian ;
  2. Melaksanakan pencatatan dan penerbitan serta pelayanan pembuatan akta perkawinan ;
  3. Meneliti dan memeriksa kebenaran serta kelengkapan persyaratan akta perkawinan, perceraian ;
  4. Membuat surat keterangan perkawinan ;
  5. Membuat data dan melaporkan penerbitan akta perkawinan, perceraian ;
  6. Menyimpan dan memelihara buku registrasi arsip yang berkaitan dengan akta perkawinan, perceraian ;
  7. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang di perintahkan atasan ;

SEKSI PERUBAHAN STATUS ANAK, KEWARGANEGARAAN DAN KEMATIAN

  1. Tugas :

Seksi perubahan status anak, kewarganegaraan dan kematian mempunyai tugas melaksanakan sebagian tugas bidang pelayanan pencatatan sipil dalam urusan perubahan status anak, kewarganegaraan dan kematian.

 

  1. Uraian tugas seksi perubahan status anak, kewarganegaraan, kematian :

 

  1. Menyusun rencana dan program kerja tahunan seksi perubahan status anak, kewarganegaraan dan kematian ;
  2. Melaksanakan pencatatan dan penerbitan serta pelayanan pembuatan akta Kematian ;
  3. Meneliti dan memeriksa kebenaran serta kelengkapan persyaratan perubahan status anak, kewarganegaraan dan kematian ;
  4. Membuat surat keterangan kematian ;
  5. Membuat data dan melaporkan penerbitan perubahan status anak, kewarganegaraan dan kematian ;
  6. Menyimpan dan memelihara buku registrasi arsip yang berkaitan dengan perubahan status anak, kewarganegaraan dan kematian ;
  7. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  8. Melaksanakan tugas-tugas lain yang di perintahkan atasan ;

SEKSI SISTEM INFORMASI ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN

  1. Tugas :

Seksi sistem informasi administrasi kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang mencakup urusan sistem informasi administrasi kependudukan.

  1. Uraian tugas seksi sistem informasi administrasi kependudukan :

 

  1. Merumuskan rencana dan program kerja seksi sistem informasi administrasi kependudukan;
  2. Merumuskan rencana dan program kerja seksi sistem informasi administrasi kependudukan;
  3. Melakukan pembinaan dalam rangka pengembangan kegiatan seksi sistem informasi administrasi kependudukan;
  4. Pelaksanaan sistem informasi administrasi kependudukan;
  5. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan.

SEKSI PENGELOLAAN PENYAJIAN DATA KEPENDUDUKAN

  1. Tugas :

Seksi pengelolaan penyajian data kependudukan mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang mencakup urusan pengelolaan penyajian data kependudukan.

 

  1. Uraian tugas seksi pengelolaan penyajian data kependudukan :

 

  1. Merumuskan rencana dan program kerja Seksi pengelolaan penyajian data kependudukan;
  2. Merumuskan rencana dan program Seksi pengelolaan penyajian data kependudukan;
  3. Melakukan pembinaan dalam rangka pengembangan kegiatan Seksi pengelolaan penyajian data kependudukan;
  4. Pelaksanaan pengelolaan penyajian data kependudukan;
  5. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan.

SEKSI TATA KELOLA DAN SUMBER DAYA MANUSIA TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

  1. Tugas :

Seksi tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas bidang pengelolaan informasi administrasi kependudukan yang mencakup urusan tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi.

 

  1. Uraian tugas seksi tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi

 

  1. Merumuskan rencana dan program kerja Seksi tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi;
  2. Merumuskan rencana dan program Seksi tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi;
  3. Melakukan pembinaan dalam rangka pengembangan kegiatan Seksi tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi;
  4. Pelaksanaan tata kelola dan sumber daya manusia teknologi informasi dan komunikasi
  5. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;

Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan.

SEKSI KERJA SAMA

  1. Tugas :

Seksi kerja sama mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas bidang pemanfaatan data dan inovasi pelayanan

  1. Uraian tugas seksi kerja sama :

 

  1. Merumuskan rencana dan program kerja Seksi kerja sama administrasi kependudukan;
  2. Merumuskan rencana dan program Seksi kerja sama administrasi kependudukan;
  3. Melakukan pembinaan dalam rangka pengembangan kegiatan kerja sama administrasi kependudukan;
  4. Pelaksanaan kerja sama administrasi kependudukan
  5. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan.

SEKSI PEMANFAATAN DATA DAN DOKUMEN KEPENDUDUKAN

  1. Tugas :

Seksi pemanfaatan data dan dokumen kependudukan mempunyai tugas  melaksanakan sebagai tugas bidang pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.

  1. Uraian tugas seksi pemanfaatan data dan dokumen kependudukan :

 

  1. Merumuskan rencana dan program kerja Seksi pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
  2. Merumuskan rencana dan program Seksi pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
  3. Melakukan pembinaan dalam rangka pengembangan kegiatan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
  4. Pelaksanaan pemanfaatan data dan dokumen kependudukan;
  5. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan.

SEKSI INOVASI PELAYANAN

  1. Tugas :

Seksi inovasi pelayanan mempunyai tugas melaksanakan sebagai tugas bidang pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.

  1. Uraian tugas seksi inovasi pelayanan :

 

  1. Merumuskan rencana dan program kerja Seksi inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  2. Merumuskan rencana dan program Seksi inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  3. Melakukan pembinaan dalam rangka pengembangan kegiatan inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  4. Pelaksanaan inovasi pelayanan administrasi kependudukan;
  5. Melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam rangka kelancaran pelaksanaan tugas ;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan.