TUGAS POKOK DAN FUNGSI

BUPATI LABUHANBATU SELATAN

PROVINSI SUMATERA UTARA

PERATURAN BUPATI LABUHANBATU SELATAN 

 NOMOR  42 TAHUN  2016      

TENTANG

KEDUDUKAN, SUSUNAN ORGANISASI, TUGAS, FUNGSI SERTA TATA KERJA 

PERANGKAT DAERAH KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Paragraf 11

DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL

KABUPATEN LABUHANBATU SELATAN

Pasal 22                                                                                                                                

 

(1) Susunan Organisasi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, terdiri atas :

  1. Kepala Dinas;
  2. Sekretariat, membawahkan :
  3. Sub Bagian Perencanaan;
  4. Sub Bagian Keuangan; dan
  5. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

 

  1. Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, membawahkan :
  2. Seksi Identitas Penduduk;
  3. Seksi Pendataan; dan
  4. Seksi Pindah Datang Penduduk.

 

  1. Bidang  Pelayanan Pencatatan Sipil,membawahkan :
  2. Seksi Pencatatan Kelahiran;
  3. Seksi Pencatatan Perkawinan, Perceraian; dan
  4. Seksi Perubahan Status Anak, Kewarganegaraan dan Kematian.

 

  1. Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, membawahkan :
  2. Seksi Sistem Informasi Administrasi Kependudukan;
  3. Seksi Pengelolaan dan Penyajian Data Kependudukan; dan
  4. Seksi Tata Kelola dan Sumber Daya Manusia Teknologi Informasi dan Komunikasi.

 

  1. Bidang Pemanfaatan Data dan Inovasi Pelayanan, membawahkan :
  2. Seksi Kerjasama;
  3. Seksi Pemanfaatan Data dan Dokumentasi Kependudukan; dan
  4. Inovasi Pelayanan.

 

  1. Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD)

 

  1. Kelompok Jabatan Fungsional.

 

TUGAS POKOK DAN FUNGSI

DINAS

TUGAS :

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil mempunyai tugas membantu Bupati dalam melaksanakan kewenangan otomoni daerah dibidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Pelayanan Pencatatan Sipil, pengelolaan Informasi administrasi kependudukan, dan pemanfaatan data dan inovasi pelayanan.

 

FUNGSI :

Dalam melaksanakan tugas Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil menyelenggarakan fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis bidang pelayanan pendaftaran penduduk, pelayanan Pencatatan Sipil, pengelolaan Informasi administrasi kependudukan, pemanfaatan data dan inovasi pelayanan dan pengendalian kependudukan;
  2. Penyelenggaraan pelayanan pendaftaran penduduk, pencatatan penduduk, penerbitan Akta Kelahiran dan Akta Sipil Lainnya;
  3. Penyelenggaraan informasi, pengawasan dan pengendalian kependudukan;
  4. Pengelolaan urusan Kesekretariatan Dinas;
  5. Mengkoordinasikan tugas-tugas lain di bidang Kependudukan dan Pencatatan Sipil untuk menunjang kelancaran pelaksanaan tugas;
  6. Melaksanakan tugas-tugas lain yang diperintahkan atasan;